Minggu, 22 Oktober 2017
PERTEMUAN PENGURUS REGULASI KEGIATAN PUBLIKASI ANGGOTA
e-BERKAS KAS PROFIL FORUM TOKO KONTAK

http://situs.opi.lipi.go.id/codata/

   

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum
» Tulis pesan baru di forum

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    IPTEK VOICE : MEMORY OF THE WORLD
    Oleh : L. T. Handoko
    Sabtu, 5 Juli 2008 (00:07 WIB)

    Memory Of The World berperan penting dalam sejarah umat manusia sebagai pengingat agar manusia selalu sadar akan keberadaannya, dengan segala peristiwa yang dialaminya Memory Of The World yang didokumentasikan sebagai suatu warisan bersejarah dapat memperlihatkan kembali sejumlah keunikan warisan budaya dunia.Siaran IPTEK VOICE hari Senin, 19 Mei 2008 pukul 16.30-17.00 WIB mengulas topik “Memory Of The World” dengan narasumber Prof. Dr. Jan Sopaheluwakan sebagai Ketua Komite Nasional Memory Of The World Indonesia, Deputi Jasa Ilmiah-LIPI dan Dr. Sugiyono, M.Hum sebagai Kepala Bidang Pengembangan Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

    Pada dasarnya, Memory Of The World yang menjadi program UNESCO ini bertujuan melestarikan kekayaan bangsa-bangsa di dunia dalam bentuk warisan budaya terdokumentasi / Documentary Heritage karena mengandung nilai tinggi. Dokumen asli ini dapat berbentuk : manuskrip, benda bersejarah, film, foto dan lain-lain. Kegiatan ini telah dilakukan oleh PDII LIPI selama tiga tahun dengan melakukan seminar satu hari yang merekomendasikan pembentukan Komite Nasional Memory Of The World Idonesia (2005), lokakarya dan pembentukan Komite Nasional Memory Of The World Indonesia (2006), serta melakukan registrasi dokumen Nagara Kertagama ke Memory Of The World Asia Pasifik (Oktober 2007) yang disetujui dalam sidang MOWCAP pada 21 Februari 2008. Sosialisasi disetujuinya naskah Nagara Kertagama sebagai Memory Of The World akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2008 berkaitan dengan peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional.

    Pada sidangnya tahun 1993, UNESCO telah menentukan Visi Memory Of The World yaitu warisan dokumenter dunia kepunyaan semua oleh karena itu harus dilestarikan dan dilindungi karena berhubungan dengan budaya sehingga perlu diakses oleh semua tanpa halangan. Dan memiliki Misi untuk meningkatkan kesadaran dan perlindungan akan dokumentasi dunia dan untuk mencapai universalisasi dan akses permanen. Adapun tujuan pembentukan Komite MOW Indonesia adalah untuk Memfasilitasi preservasi warisan budaya terdokumentasi melalui berbagai cara yang sesuai dengan perkembangan teknologi, Menyediakan akses bagi masyarakat nasional dan internasional pada warisan budaya terdokumentasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan di masa yang akan datang, dan Meningkatkan kesadaran akan pengamanan dan keberadaan warisan budaya terdokumentasi baik secara individu maupun kolektif.

    Pada saat ini telah terdapat 45 negara sebagai anggota Komite Program Memory Of The World dan telah terdaftar 91 koleksi warisan dokumenter dari 45 negara. Pembentukan Komite Memory Of The World Indonesia dinilai sangat diperlukan untuk menampung berbagai kepentingan pengamanan warisan budaya terdokumentasi yang ada di Indonesia. Keanggotaan Komite MOW Indonesia berasal dari Institusi Pemerintah, Swasta, dan para pakar di bidang tersebut antara lain ; Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Musium, Lembaga Swadaya Pemerintah, LIPI, Arsip Nasional, Perpustakaan Nasional, Media Cetak dan Elektronik, Swasta dan Perguruan Tinggi serta lainnya.

    Bagi sahabat Iptek yang belum merasa puas dengan informasi ini dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat langsung mengakses website milik MOW Indonesia di alamat http://mow.pdii.lipi.go.id.

    Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE langsung dari studio mini Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Gedung BPPT II lt.8, Jl. M.H.Thamrin 8, Jakarta setiap hari Selasa pukul 08.30-09.00 WIB dan Kamis pukul 16.30-17.00 WIB di RRI Pro2 FM Jakarta (105.0 FM).

    Sumber : KRT (25 Mei 2008)


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :
     

    » kirim ke teman
    » versi cetak

  •  
    halaman depan »

    BERITAHU TEMAN




    AKSES ANGGOTA
    username :

    password :

     
    PENGURUS REGULASI KEGIATAN PUBLIKASI ANGGOTA
    e-BERKAS KAS PROFIL FORUM TOKO KONTAK
     
    LIPI     O   P  I   -   Organisasi   Profesi   Ilmiah   Indonesia »»»»»»»»»»